Kesadaran lingkungan telah menjadi tren terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Banyak produsen furniture dan desainer membuat mebel atau furniture berbahan dasar kayu jati yang ramah lingkungan.

Kayu jati sering digunakan ketika membuat mebel taman atau mebel dalam ruangan, pembuatan kapal, dll karena kayu jati memiliki minyak alami yang membuatya menjadi tahan lama. Kayu jati reklamasi atau reclaimed teak wood adalah kayu jati yang berasal dari bekas jembatan, bekas dermaga, bekas kapal, atau bekas bangunan rumah tua. Kayu jati bekas tersebut kemudian dipilih yang terbaik yang masih bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan mebel atau furniture jati.

Oleh karena itu, penggunaan furniture dengan kayu jati reklamasi adalah sangat ramah lingkungan. Dan tentu saja furniture kayu jati reklamasi yang dihasilkan akan terlihat menakjubkan ketika dikombinasikan dengan desain kontemporer dan inovatif yang dapat ditampung ke dalam interior apapun.

Kayu jati reklamasi atau reclaimed teak wood digunakan karena banyak alasan, yaitu penampilan yang unik, kontribusi terhadap green building, karakteristik fisik kayu seperti kekuatan, stabilitas, dan daya tahan.

Dengan variasi finishing yang bagus, bekas lubang paku dan bekas goresan membuat furniture kayu jatireklamasi menambah kehangatan dan karakter rumah anda. Daya tahan alami kayu jati reklamasi juga menjadi pilihan ideal untuk interior rumah anda.

Kayu jati reklamasi adalah kayu pilihan banyak arsitek maupun pengembang di luar negeri. Kadang kala kayu jati reklamasi harganya lebih mahal daripada kayu yang didapatkan dari penebangan baru. Namun dengan harga yang sedikit mahal, anda akan mendapatkan furniture kayu jati reklamasi yang ramah lingkungan, otentik, dan mampu bertahan selama beberapa generasi.